Random Post

Minggu, 11 Desember 2011

Wisata di Jatinom yang menakjubkan

Berikut adalah tempat-tempat wisata di kecamatan Jatinom, klaten, Jawa Tengah ini:
1. Gua Suran
Goa Suran yang diyakini merupakan goa tempat Ki Ageng Gribig mengajar/mendidikdan memberikan wejangan kepada Sultan Agung. Dinamakan Suran karena di dekat goa tersebut terdapat air melimpah (sur-suran) dari atas goa yang diyakini berasal dari rumah Ki Ageng Gribig di Masjid Alit dibawa dr Mekah
Gambar :
Gua Suran
2. Goa Jetis
Goa Jetis yang terletak di kawasan makam Ki Ageng Gribig diyakini dulu merupakan tempat untuk menyusun kekuatan laskar Ki Ageng Gribig melawan Belanda yang diketuai oleh Ki Ageng Guntur Geni, Kegiatan ritual (ziarah).

3. Sendang Klampeyan
Sendang Klampeyan yang juga diartikan sebagai penanda “sampeyan kalah”. Sendang tersebut diyakini merupakan sendang tempat Ki Ageng Gribig mengalahkan seorang tamu (alim ulama) dari negeri Arab yang bernama Syech Ibrahim, Kegiatan ritual (ziarah)
Gambar :
Sendang Klampeyan
4. Pemandian Jolotundo

Pemandian Jolotundo, Terletak di Desa Jambeyan, Kecamatan Karanganom Jarak dari kota Klaten ± 8 km Luas 11m x 20m = 220m2 Luas kawasan 500m2 Kedalaman rata rata 2 m Fungsi sebagai tempat permandian
Gambar:
Umbul Jolotundo
5. Umbul Gedaren
Umbul Gedaren terdiri atas Umbul Jaler dan Umbul Estri yang pada saat ini digunakan sebagai tempat mandi dan mencuci bagi penduduk setempat.
Gambar :
Umbul Gedaren
6. Makam Ki Ageng Gribig
7. Masjid Besar Jatinom
8. Masjid AlitJatinom
sumber : http://kotajatinom.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar