Random Post

Senin, 09 Januari 2012

Beberapa Pengertian Kata Penting Dalam Relief

Inilah Beberapa Pengertian Kata-kata Yang Sering Muncul pada Pelajaran IPS SMP

Danau adalah sejumlah air (tawar atau asin) yang terakumulasi di suatu tempat yang cukup luas, yang dapat terjadi karena mencairnya gletser, aliran sungai, atau karena adanya mata air.
Danau adalah cekungan besar di permukaan bumi yang digenangi oleh air bisa tawar ataupun asin yang seluruh cekungan tersebut dikelilingi oleh daratan.
Rawa adalah lahan genangan air secara ilmiah yang terjadi terus-menerus atau musiman akibat drainase yang terhambat serta mempunyai ciri-ciri khusus secara fisika, kimiawi dan biologis.
rawa adalah semua macam tanah berlumpur yang terbuat secara alami, atau buatan manusia dengan mencampurkan air tawar dan air laut, secara permanen atau sementara, termasuk daerah laut yang dalam airnya kurang dari 6 m pada saat air surut yakni rawa dan tanah pasang surut.
Sungai merupakan jalan air alami. mengalir menuju Samudera, Danau atau laut, atau ke sungai yang lain.
Dataran rendah adalah hamparan luas tanah dengan tingkat ketinggian yang di ukur dari permukaan laut adalah relatif rendah (sampai dengan 200 m dpl). Istilah ini diterapkan pada kawasan manapun dengan hamparan yang luas dan relatif datar yang berlawanan dengan dataran tinggi.
Dataran tinggi (disebut juga plateau atau plato) adalah dataran yang terletak pada ketinggian di atas 200 m dpl.[rujukan?] Dataran tinggi terbentuk sebagai hasil erosi dan sedimentasi
Gunung adalah sebuah bentuk tanah yang menonjol di atas wilayah sekitarnya. Sebuah gunung biasanya lebih tinggi dan curam dari sebuah bukit, tetapi ada kesamaaan, dan penggunaan sering tergantung dari adat lokal
pegunungan merupakan “suatu jalur memanjang yang berhubungan antara puncak yang satu dengan puncak lainnya”
Laut atau bahari adalah kumpulan air asin yang luas dan berhubungan dengan samudra
palung laut adalah dasar laut yg dalam, yg diakibatkan oleh menyusupnya lempeng samudera ke bawah lempeng benua. Palung laut atau trog adalah daerah ingressi di laut yang bentuknya memanjang
Lubuk laut atau “basin” terjadi akibat tenaga tektonik, merupakan laut ingressi dan bentuknya bulat
Gunung laut adalah gunung yang kakinya ada di dasar laut.
Punggung laut merupakan satuan atau deretan bukit di dalam laut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar