News

Loading...

Random Post

Jumat, 02 Desember 2011

Pola Hidup Sehat

Kompas.com - Kalau selama ini Anda menghindari ngemil dengan alasan ingin sehat, mungkin konsep pola makan tersebut perlu dievaluasi. Menurut penelitian ternyata orang-orang yang terbiasa ngemil di antara waktu makan cenderung lebih sehat.

Orang yang terbiasa ngemil tersebut diketahui memiliki pola makan lebih sehat, lebih banyak mengonsumsi buah dan lebih jarang mengasup sodium, dibandingkan dengan orang yang terbiasa makan di waktu-waktu makan saja.

Penelitian yang dimuat dalam Journal of the American Dietetic Association itu menggunatan data dari 11.209 orang berusia di atas 20 tahun yang berpartisipasi dalam survei tentang kesehatan dan nutrisi di tahun 1999 dan 2004.

Para peneliti menggunakan sistem standar penilaian yang mengukur seberapa sehat pola makan para responden dalam skala 1-100, dengan nilai yang tinggi sebagai indikator diet sehat. Hasilnya diketahui mereka yang rutin ngemil memiliki skor lebih tinggi.

Claire A.Zizza, ahli nutrisi yang melakukan studi ini mengatakan kunci pola makan yang sehat adalah variasi jenis makanan yang diasup. Karena itu orang-orang yang sering ngemil cenderung makan lebih bervariasi karenanya skor mereka tinggi.

Tentu saja pola makan disebut sehat jika camilannya berupa buah-buahan, susu rendah lemak, kacang-kacangan atau pun yogurt rendah lemak.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini